Jumat, 22 Juni 2012

Peringatan Hari Autisme

Posted by Psikologi Home Sweet Home 02.20, under | No comments

Hari sabtu, tanggal 31 maret 2012 lalu himpunan mahasiswa psikologi fakultas kedokteran universitas lambung mangkurat menyelenggarakan acara dalam rangka memperingati hari autism sedunia yang bertema “The Power of Childern with Autism”. Selain talkshow mengenai bahasan seputar autism, acara ini juga mengadakan lomba kreativitas untuk anak-anak dengan autism berupa lomba menggambar. Seru banget! ^^


Acara ini diikuti oleh masyarakat umum, mahasiswa, orangtua, guru atau pendamping, serta anak autism itu sendiri. Acara yang dihadiri lebih dari 100 orang dewasa dan lebih dari 20 orang anak dengan autism ini sendiri mengadakan doorprize dengan berbagai macam hadiah yang pastinya membuat peserta heboh dan harap-harap cemas

Berkenaan dengan anak yang tampaknya cepat bosan jika acaranya terlalu lama, maka acara ini diselenggarakan sebentar saja yaitu sejak pukul 9 pagi (setelah registrasi) dan berakhir sebelum pukul 12 siang waktu indonesia bagian tengah.

Oh ya, panitia juga bertugas untuk mendampingi anak-anak selama menggambar dan seluruh panitia yang bertugas tampak sangat antusias dan semangat. Menyenangkan sekali rasanya bisa mengenal secara langsung dan lebih dekat anak-anak yang menjadi bahan pembahasan dalam berbagai mata kuliah di program studi psikologi.

Berbagai macam spektrum autism ditampilkan anak-anak dengan caranya masing-masing. Beberapa anak tampak masih sulit untuk mengontrol perilaku dan emosinya, namun tak sedikit yang sudah mampu melakukan kontak sosial secara baik.

Dengan adanya acara ini, diharapkan orangtua, pendamping maupun pendidik bisa menangani, menanggulangi atau bahkan mencegah sindrom autism sejak dini agar anak nantinya mampu melaksanakan interaksi sosial dengan baik sebagaimana mestinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar setelah membaca untuk kemajuan kami